Pemahaman Niat yang Salah

Keberadaan niat itu sangat penting, akan tetapi kita harus mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan niat. Sekarang ini banyak orang yang telah salah mengartikan niat, trus pertanyaannya apa sich niat itu???

Niat merupakan kesadaran untuk menyatukan otak kiri dan kanan sehingga akan menghasilkan rasa nyambung dalam suatu kegiatan ibadah. Namun masyarakat mengubah pengertian "niat" menjadi "membaca niat". Seperti halnya sku niat berpusa , sku nist bersedekah. Sebenrnya hal itu tidak membawa pengaruh terhadap perbuatan tersebut.

Contoh yang gampang yaitu, seperti orang berniat belajar, tidak mungin ia hanya bermodalkan kata-kata "aku niat belajar' saja. Tetapi perlu ada kemauan yang tinggi untuk bisa belajar tersebut.

Oleh karena itu kita perlu menyatukan dan menyelaraskan otak kiri dan kanan saat melakukan ibadah. Dari situ kita dapat menyimpulkan bahwa niat bukanlah sebuah bacaan atau mantra tetapi suatu perbuatan yang didalamnya terdapat kesadaran penuh yang mengalir.

Perbuatan sadar dimaksudkan sebagai tindakan yang benar-benar dikehendaki oleh pelakunya yaitu berupa tindakan yang telah dipilihnya berdasarkan pada kemauannya sendiri bukan orang lain. Jadi, perbuatan niat itu merupakan tindakan yang dilakukan atas kemauannya sendiri tanpa ada ancaman atau tekanan.

Semoga penjelasan di atas membuat kita sadar akan niat itu sendiri. Dan kita dapat melakukan ibadah secara benar dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT agar semuanya itu tidak sia-sia