Cara Membuat Tampilan Presentasi di Power Point

Ada tiga hal yang perlu disiapkan agar presentasi Anda sukses dan diterima audiens. Pertama, menyiapkan konten presentasi yang bagus. Kedua, cara penyampaian yang komunikatif dan interaktif. Ketiga, visual pointer yang jelas dan menarik. Dalam artikel ini, akan dibahas soal cara penyajian teknis visual  pointer yang memukau.


Menyajikan presentasi dibutuhkan kefokusan dan konsistensi. Artinya, ketika membuat slide, Anda perlu konsisten dengan pilihan background, warna, huruf, efek transisi, dan animasi. Jika pilihan background dan huruf tidak konsisten, selain menggangu keindahan, audien pun bisa pusing dan bingung dengan sajian pointer yang Anda buat. Maka dalam hal ini polesan visual desain perlu dirumuskan konsepnya dari awal.

Berikut beberapa saran visual desain terkait dengan presentasi pada Microsoft Power Point 2007.

  1. Pilihlah huruf tegak tanpa kaki yang tegas dan mudah terbaca, misalnya Arial, Myriad, dan Calibri. Maksimal gunakan huruf (font) tiga jenis, sebab lebih dari itu akan memusingkan.
  2. Pilihlah background yang clear dan minimalis, misalnya putih. Background berupa image bisa Anda manfaatkan, asal tidak terkesan berebut fokus dengan teks pointer yang disajikan.
  3. Walaupun pilihan warna tergantung selera, sebaiknya hindari terlalu banyak menggunakan warna. Semisal, gunakan tiga warna saja secara konsisten untuk elemen huruf, background, atau sekadar pemberi aksen visual.
  4. Pilihlah ilustrasi gambar yang menarik dan setema dengan isi presentasi yang disajikan.
  5. Hati-hati bermain dengan animasi. Terlalu ramai animasi selain bisa memberatkan saat loading, juga bisa membuat tidak fokus. Hal ini juga perlu diterapkan saat memilih transisi slide. 
Semoga membantu dan selamat mencoba,,,,