Bandara Trunojoyo Dioperasikan


Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura resmi dioperasikan. Sayangnya, bandara yang mempunyai landasan sepanjang 800 meter ini belum digunakan untuk penerbangan komersial.

Pereemian bandara ini ditandai penandatanganan MoU antara Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim dengan Merpati Nusantara Airlines (MNA), dan Direktur kelaikan udara pengoperasian pesawat udara (DKUPPU) Yurlis Hasibuan, Selasa (30/11/2010).

Nantinya, bandara ini akan dimanfaatkan oleh MNA untuk Playing Pilot School (Belajar Terbang) bagi siswanya.

Direktur operasi Merpati, Asep Eka Nugraha mengatakan, keberadaan Bandara Trunojoyo sangat layak untuk dijadikan latihan penerbangan bagi siswa. "Kondisinya bagus dan kondisi penerbangan tidak terlalu sibuk," kata Eka, pada wartawan di Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jalan Raya Pelabuhan Kalianget.

Saat bandara dibuka, dan ada aktivitas penerbangan, maka kata Asep, secara otomatis akan membangkitkan ekonomi masyarakat setempat. Dan lambat laun akan menjadi bandara
komersial.

"Merpati akan fokus disini (Bandara Sumenep)," ujarnya.

Dia menjelaskan, di lingkungan Merpati masih terjadi kekurangan 90 orang pilot. Lebih-lebih tahun ini Merpati dapat 15 pesawat tambahan jenis pesawat MA 60. "Jadi, untuk latihan siswa terus berlanjut," ucapnya.

Usai dilakukan peresmian, 2 pesawat jenis Cessna melakukan penerbangan sebagai tanda dibukanya bandara. Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim bersama Kapolres Sumenep, AKBP Susanto ikut dalam penerbangan percobaan itu.

sumber : http://surabaya.detik.com